Sahabat ZCD Ikuti SDGs Annual Conference 2022

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 02/12/2022
  • Bagikan :

Sahabat ZCD Ikuti SDGs Annual Conference 2022


Sahabat ZCD (Zakat Community Development) BAZNAS yang merupakan pendamping Program Kota Pemberdayaan SDGs mendapat kehormatan untuk mengkuti agenda tahunan ini yaitu SDGs Annual Conference 2022.

Kementerian PPN/Bappenas selaku pengampu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) menyelenggarakan SDGs Annual Conference 2022 secara hybrid di Hotel Sultan, Jakarta, pada 1-2 Desember 2022. Konferensi bertema “Mendorong Aksi Ekonomi Hijau untuk Mencapai SDGs” ini menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mendorong ekonomi hijau dalam pencapaian SDGs di 2030.

“Pembangunan yang berkelanjutan memang sesuatu yang penting, sekalipun kita diterpa oleh tekanan-tekanan, seperti pandemi yang lalu. Kita juga akan menghadapi triple planetary crisis yang mengancam sumber pangan kita dan berdampak pada penurunan dana untuk pencapaian SDGs,”  kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Target ekonomi hijau tidak hanya mencapai net zero emission pada 2060 atau lebih cepat, namun pertumbuhan PDB selaras dengan ekonomi hijau, mencapai 6,1-6,5 persen per tahun hingga 2050 dan diperkirakan mampu menciptakan green jobs sebesar 1,8 juta di 2030.

“Aksi nyata dari saudara semua dan kerja sama semua pihak sangat diperlukan untuk akselerasi, terutama yang didukung dengan penguatan kerangka regulasi melalui Perpres SDGs Nomor 111 Tahun 2022, serta pengarusutamaan dalam RPJMN maupun RPJPN,” kata Menteri Suharso. 

BAYAR ZAKAT