Penjualan Lobster Air Tawar oleh Mustahik Binaan BAZNAS

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 18/10/2022
  • Bagikan :

Penjualan Lobster Air Tawar oleh Mustahik Binaan BAZNAS


Mustahik binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berhasil mengembangkan kolam lobster air tawarnya, dan mulai menjual hasilnya kepada konsumen.

Lobster air tawar memiliki potensi penjualan sebagai bahan konsumsi atau jual indukan/anakan. Sudah beberapa kali mustahik kedatangan konsumen yang membeli anakan lobster air tawar. Harga yang ditawarkan pun masih belum stabil, karena belum banyak melakukan penjualan dan tidak banyaknya persediaan lobster sebagai bakal indukan.

Sutarjo, mustahik pengelola kolam lobster air tawar menerima konsumen yang berasal dari kecamatan Rawa Jitu, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, yang berjarak tempuh sekitar 170 km dari Lumbung Pangan. 

Konsumen merupakan perawat di puskesmas setempat, yang mendapatkan informasi dari salah seorang teman yang mengetahui adanya kolam budidaya lobster di Pujobasuki, Lumbung Pangan Lampung Tengah. 

Konsumen lalu membeli anakan lobster dengan jumlah 32 ekor dengan harga Rp250.000. Usia lobster yang dijual antara 3-5 bulan. Sehingga ada beberapa lobster betina yang sudah siap untuk dipijah. Anakan tersebut nantinya akan dikembangkan untuk proses belajar sekaligus menjadi hobi baru baginya. 

 

BAYAR ZAKAT