BAZNAS Dorong Gerakan Santri Membaca di Desa Sumurgung 

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 12/12/2022
  • Bagikan :

BAZNAS Dorong Gerakan Santri Membaca di Desa Sumurgung 


Buku Keliling, merupakan konsep lapak  buku Taman Bacaan Masyarakat Sigupai Mambaco kolaborasi sahabat Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS bersama Rumah Baca Harapan Bersama. Kegiatan lapak baca berlangsung di Taman Pengajian Qur’an Al-Hasaniyah Dusun Bongkol  Desa Sumurgung.

Dalam Kegiatan ini para sahabat ZCD dan pegiat literasi lokal dan pendamping pusat turut menjadi petugas lapangan. Hal ini diterangkan oleh pendamping semua pegiat rumah baca dan Sigupai bersama-sama pendamping menggiring kegiatan aktif. 

Kegiatan yang menyasar pembaca di TPQ didominasi santri lokal yang merupakan pelajar di Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Desa Sumurgung. kegiatan diawali dengan pembukaan doa bersama yang dipimpin langsung oleh pengajar TPQ lalu perkenalan tim buku keliling. Tidak hanya para petugas buku keliling ikut aktif dalam doa bersama dan perkenalan bersama guru-guru serta santri di taman pengajian.

Beberapa petugas membagi peran. Pendamping menjelaskan, petugas menjaga lapak buku, kelas menggambar, serta games edukatif berada pada posisi masing-masing. selain itu beberapa kegiatan memiliki fungsi untuk menghidupkan gairah literasi khususnya membaca. “kegiatan menggambar mobil impian terhubung dengan lomba yang diadakan oleh Toyota, anak-anak yang mengikuti rangkaian agenda ini tertantang untuk menjadi pemenang lomba,” jelas Musyawir.

Dalam kegiatan kolaborasi Sigupai Mambaco dan Rumah Baca Harapan sudah disesi akhir program yang bergulis sejak November awal. Kegiatan ini bertujuan mendorong gerakan literasi di Desa. Dalam kegiatan Roadshow buku keliling itu menjadai ajang kenal gerakan praktik baik literasi. Nita Juniarti penanggung jawab program menjelaskan bahwa hal itu merupakan agenda memperkenalkan literasi pada masyarakat dengan cara menyenangkan di luar Aceh. 

Dia juga menjelaskan bahwa Sigupai Mambaco yang berada di Aceh Barat Daya mempunyai kegiatan Buku Keliling (BukLing) sejak 2018 di seputaran Aceh Barat Daya terutama di tempat wisata. Agenda ini hadir karena kebetulan sedang di Tuban dan ingin berkenalan lebih jauh tentang literasi di luar Aceh Barat Daya. 

 

BAYAR ZAKAT