BAZNAS Berikan Edukasi Mitigasi Bencana dan Kelas Lingkungan di Desa Sumurgung

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 28/12/2022
  • Bagikan :

BAZNAS Berikan Edukasi Mitigasi Bencana dan Kelas Lingkungan di Desa Sumurgung


Adik-adik Rumah Baca Harapan Binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)  BAZNAS RI dan Yayasan Sahabat Pulau Indonesia menggelar kelas mitigasi bencana dan kelas lingkungan.

Peserta yang ikut dalam kelas ini merupakan peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Futuh Desa Sumurgung, SD 1 Sumurgung, SMPN 4 Tuban, serta kakak pendamping dari perguruan tinggi Malang dan UIN Kediri. Kakak pendamping kelas merupakan warga yang berdomisili di Desa Sumurgung dan Taraan yang sejak 15 Desember sudah terlibat kelas Lingkungan.

Para peserta diterangkan mengenai mitigasi bencana alam. Boy selaku anggota BPBD Tuban menerangkan, “Mitigasi Adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana,” terangnya.

Dia juga menambahkan, dalam peraturan pemerintah menjelaskan (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).

Boy yang merupakan anggota BPBD juga menjelaskan materi tentang kebencanaan, meliputi: Bencana Banjir, Bencana teknologi, dan Bencana Gempa. Selain itu Alat alat untuk mitigasi bencana juga tahap saat terjadi bencana, yakni Ada 4 langkah yang bisa dilakukan sebagai mitigasi risiko, yakni acceptance, avoidance, limitation, dan transference.

 

BAYAR ZAKAT