Kegiatan belajar mengajar tidak  mesti hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun harus diimbangi dengan kegiatan di luar ruangan agar menghasilkan pengalaman yang bermakna bagi murid. Pada Selasa (11/2), TK Star Kids Jayapura melakukan outing class ke salah satu desa pemberdayaan yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) di Kampung Ambon, Desa Abepantai, Distrik Abepura,  Kota Jayapura.

Melalui kegiatan outing class ini, murid-murid dapat belajar dengan melakukan atau “learning by doing”.  Sebanyak 25 siswa, 5 guru pendamping, dan 2 orang tua siswa ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.  Bertempat di Kebun Bayam Abepantai, anak-anak murid diperkenalkan dengan tanaman bayam yang masih tumbuh subur dan belum dipetik. Dalam kunjungan ini para siswa belajar mengenai manfaat dari sayuran khususnya sayur bayam. Selain itu mereka diajak untuk belajar memetik sayur bayam secara langsung.

Setelah belajar tentang sayuran di kebun, kegiatan dilanjutkan di rumah produksi olahan bayam sekaligus istirahat dan menikmati berbagai macam hidangan produk ZCD di Desa Abepantai.  Adapun produk tersebut terdiri dari bakso kelor, mie kelor dan buah naga, nuget bayam dan kelor, es krim bayam dan es krim buah naga, serta kerupuk bayam dan kerupuk kelor. Mereka tampak sangat menikmati berbagai hidangan yang dihasilkan oleh anggota kelompok mustahik.

Tak lupa produk-produk tersebut juga dijadikan buah tangan untuk guru-guru di sekolah dan orang tua murid di rumah. Adapun hasil yang diperoleh oleh kelompok produksi dari seluruh penjualan produk ZCD tersebut sebesar Rp. 1.656.000. Nantinya penghasilan tersebut akan diputar lagi oleh kelompok untuk dijadikan modal usaha. 

Sebagaimana diketahui,  program pemberdayaan ZCD telah hadir di Desa Abepantai sejak tahun 2017 dengan program unggulannya budidaya bayam.  Dalam bidang ekonomi ZCD telah menyalurkan bantuan berupa peralatan, pelatihan, pendampingan program dan praktek teknik pengolahan pupuk organik, serta pengembangan program paska panen berupa pelatihan produk turunan bayam. 

Dalam bidang dakwah, ZCD melalui Sahabat ZCD melakukan pengajian untuk bapak-bapak dan ibu-ibu,  serta Rumah Qur'an untuk anak-anak. Seiring berjalannya program,  dilakukan juga aktifitas tambahan untuk mustahik seperti bank sampah,  pemeriksaan kesehatan dan kelompok belajar remaja.

Program ZCD yang menyasar pada 81 KK mustahik ini diharapkan mampu menjadikan katalisator dalam menjadikan Desa Abepantai menjadi desa yang mandiri,  islami dan produktif.  Selan itu,  manfaat dilakukannya program ZCD tidak hanya dirasakan oleh mustahik,  namun bisa dirasakan oleh masyarakat luas.


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id