Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS mengadakan Pelatihan Budidaya Domba dan Kambing di Balai Ternak BAZNAS Bogor, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/2). Diikuti oleh 15 orang peserta, peserta didominasi oleh masyarakat yang baru memulai usaha peternakan, mahasiswa, peternak, dan pendamping.

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini disampaikan oleh ahli yang telah berpengalaman dibidangnya, materi berupa manajemen reproduksi ternak dan manajemen pemeliharaan ternak yang disampaikan oleh Sugeng Prayitno, S.Pt., manajemen kesehatan ternak oleh drh. Ajat Sudarjat, dan pengolahan pakan oleh Gagan Setiawan, S.Pt.

Kepala LPPM BAZNAS Ajat Sudarjat mengatakan, masih rendahnya kemampuan peserta dalam manajemen usaha peternakan lebih disebabkan karena kurangnya ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen maupun teknis beternak.

Praktek Pencukuran Bulu dan Pengecekan Usia Ternak

"Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda pelaku usaha atau calon pelaku usaha peternakan diwajibkan untuk mendalami pengetahuan tentang teknis dan manajemen usaha peternakan. Diantara sekian banyak usaha untuk memperdalam pengetahuan usaha peternakan adalah mengikuti pelatihan," ujarnya.

LPPM BAZNAS sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat yang bergerak di bidang peternakan senantiasa melakukan kegiatan advokasi bagi para peternak.

"Salah satu bentuk advokasi yang dijalankan adalah peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) peternak , calon peternak serta pemilik usaha peternakan. Diantara bentuk advokasi yang selalu dilaksanakan oleh LPPM BAZNAS adalah Pelatihan Budidaya Domba dan  Kambing," sambung Ajat.

Tidak hanya sekedar pemaparan materi di ruangan, peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung dan melakukan praktek terhadap teori yang telah diberikan. Praktek yang dilakukan berupa pemberian obat kepada domba, mencukur bulu domba, cara pengecekan birahi, dan pembuatan pakan silase.

 

Yogi Mulyana, salah satu peserta pelatihan sangat merasakan manfaat dari pelatihan ini.

"Banyak hal yang belum saya ketahui dalam pemeliharaan domba dan kambing, apalagi saya baru memulai usaha peternakan. Dengan adanya pelatihan ini pengetahuan saya bertambah, dan semakin optimis untuk menjalani usaha ini," ucapnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kapasitas ilmu kesehatan, pakan ternak, dan reproduksi ternak bagi peternak dan calon peternak baik dari segi teori dan teknis dilapangan. Tidak hanya sekedar memberikan pelatihan tapi kedepannya peserta dapat berdiskusi dan melakukan bimbingan bersama LPPM jika ada kendala terkait peternakan. 

 

#SemestaKebajikanZakat

#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik

#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional RI

www.baznas.go.id

 

 

 

 

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id