logo

Copyright ©2018 BAZNAS


BAZNAS Gelar GEMA SCB 2018

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar kegiatan GEMA Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) 2018 pada 24 hingga 28 Oktober 2018 di SCB  Kampung Cirangkong, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Berbagai jenis lomba dalam kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya dengan melibatkan seluruh murid SCB dan masyarakat sekitar.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, M. Nasir Tajang mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari  Sumpah Pemuda, sehingga semangat para peserta makin menggelora. 

Para peserta mengikuti kompetisi berupa lomba futsal Islami, lomba Olimpiade Zakat MIPA (Ozam), lomba baris-berbaris, lomba IGTK Kecamatan Cibungbulang, pengobatan gratis, serta jalan sehat. Tema yang diusung pada kegiatan tahun ini adalah ‘Semangat Berbagi Dalam Sportivitas, Kreativitas dan Intelektualitas Generasi Muda’.

“GEMA SCB 2018 ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran dan peran serta generasi muda terhadap gerakan zakat serta meningkatkan potensi dan daya saing generasi sebagai agen perubahan di masa depan. Ini juga sebagai bentuk syiar pendidikan bidang olahraga dan IPTEK, khususnya gerakan zakat di tingkat nasional,” katanya.

Ia menjelaskan, dari empat acara perlombaan yang ada, semuanya diikuti oleh 35 kontingen. Lomba Futsal Islami merupakan lomba khas dari Sekolah Cendekia BAZNAS dan berbeda dari permainan futsal lain. Futsal ini harus menggunakan seragam yang menutup aurat, serta wajib melafalkan ayat-ayat suci Al Quran.

Sementara itu, Lomba Ozam juga menjadi ciri khas dari SCB, karena adanya materi zakat yang menjadi bahan perlombaan, ada pula lomba baris-berbaris formasi pengibaran bendera, dan lomba yang melibatkan Ikatan Guru TK (IGTK) se-kecamatan Cibungbulang dengan 336 siswa TK. Lomba ini terdiri atas 4 kategori, yakni lomba mewarnai, tari tradisional, puzzle hijaiyah, dan lomba senam.

“Bagi para pemenang lomba-lomba tersebut disediakan uang pembinaan, tropi, piagam, dan piala bergilir ketua BAZNAS. Adapula kegiatan pengobatan gratis yang diadakan untuk warga sekitar dengan peserta pengobatan sebanyak 150 warga. Kemudian di hari penutupan acara, diadakan Jalan Sehat yang diikuti oleh 600 warga sekitar SCB,” kata Nasir.

Sekolah Cendekia BAZNAS merupakan sekolah setingkat SMP berkonsep asrama, bebas biaya untuk anak yatim-dhuafa yang lolos seleksi dari berbagai wilayah di Indonesia. Program pendidikan ini diharapkan dapat mencetak generasi bangsa yang cerdas sehingga mampu memutus rantai kemiskinan di Indonesia.

ZAKAT SEKARANG