logo

Copyright ©2018 BAZNAS


Lotte Grosir Gandeng BAZNAS Bantu UKM Karawang

Perusahaan grosir, Lotte Grosir menggandeng BAZNAS untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Karawang, Jawa Barat. Bantuan diberikan dalam bentuk satu unit rombong usaha, modal usaha, dan paket pendampingan usaha.

Acara penyerahan bantuan tersebut dilakukan bersamaan dengan pembukaan Lotte Grosir Karawang, Kamis (25/10). Hadir dalam acara tersebut, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Mohd Nasir Tajang dan Presider Direktur Lotte Grosir, Joseph Buntara.

Bantuan secara simbolis diserahkan kepada tiga mustahik, yakni Sahrul Ramadhan, Fahri Fahdhallah dan Nining Suryaningsih yang turut hadir dalam acara tersebut. UKM yang dijalankan ketiganya akan menjadi Z-Mart, sebuah minimarket yang dibiayai dengan dana zakat, infak dan sedekah dengan memiliki konsep pemberdayaan bagi kalangan kurang mampu, baik para pedagang maupun pembelinya. Z-Mart kini telah berdiri di berbagai kota, baik di Sumatera maupun Jawa. 

Joseph Buntara mengatakan, donasi yang digunakan untuk membantu para mustahik ini diperoleh melalui program donasi pelanggan “Sedekah Bikin Untung” yang diluncurkan Lotte Grosir bersama BAZNAS pada 2016. Lotte Grosir kini telah memiliki 30 toko se-Indonesia.   

Ia mengatakan, program donasi pelanggan “Sedekah Bikin Untung” merupakan program penggalangan dana dari pelanggan Lotte Grosir melalui kasir. Pelanggan dapat berdonasi dengan cara mendonasikan sisa kembalian belanja atau pun menambahkan nominal donasi khusus. Bukan hanya di Karawang, donasi yang terkumpul telah membantu UKM di berbagai wilayah. 

Nasir Tajang mengatakan, program ini menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat dalam membantu mustahik mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

“BAZNAS mengucapkan terimakasih atas tingginya partisipasi masyarakat dan layanan donasi oleh Lotte Grosir. Semangat ini sejalan dengan program-program BAZNAS yang seluruhnya bertujuan untuk menaikkan derajat hidup mustahik,” katanya.

Tentang BAZNAS

BAZNAS adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 509 daerah (tingkat  Provinsi dan Kabupaten/ Kota).

ZAKAT SEKARANG